Lorenzo Raih Kemenangan Dramatis di MotoGP Italia

By Admin

nusakini.com--Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, merebut kemenangan dramatis di MotoGP Italia, Minggu (22/5) , setelah melewati pembalap Honda, Marc Marquez, tepat saat hampir melintasi garis finis.

Persaingan di baris terdepan diwarnai tanpa kehadiran Valentino Rossi yang mengalami kerusakan mesin saat balapan di Mugello baru memasuki putaran ke-8. "The Doctor" padahal sempat terus menekan Lorenzo di posisi depan.

Rossi yang start dari pole position berhasil disalip oleh Lorenzo saat lampu hijau menyala. Namun, pembalap Italia itu sukses terus menekan Lorenzo dengan hanya selisih sangat tipis.

Tetapi, masalah menimpa Rossi di tengah putaran 8. Saat ingin menikung, motor Yamaha M1 miliknya malah melebar dan Rossi pun langsung melihat ke bagian belakang motornya.

Saat coba terus berjalan, motor Rossi mengeluarkan asap tebal sehingga harus minggir dan mundur dari balapan. Posisinya pun berhasil direbut oleh Marquez.

Setelah itu, Lorenzo mendominasi jalannya balapan sebelum Marquez mulai menyodok di empat lap terakhir. Marquez bahkan sempat dua kali menyalip ke posisi terdepan. Tapi, Lorenzo terus menekan dan berbuah kemenangan pada jalur lurus terakhir sebelum finis.

Marquez yang saat itu berada di posisi terdepan sudah hampir dipastikan bakal keluar sebagai juara. Namun, Lorenzo memanfaatkan bergesernya racing line Marquez untuk kembali menyodok dan merebut gelar juara GP Italia secara dramatis hanya beberapa meter jelang garis finis.

Dengan hasil ini, Lorenzo kokoh di puncak klasemen pembalap MotoGP dengan total 115 poin dari enam balapan sejauh ini. Di posisi dua diduduki Marquez (105) dan diikuti Rossi di peringkat tiga (78). (v/ab)

Hasil Lengkap MotoGP Italia, Minggu (22/5)

1. Jorge Lorenzo (Spain) Yamaha

2. Marc Marquez (Spain) Honda

3. Andrea Iannone (Italy) Ducati

4. Dani Pedrosa (Spain) Honda

5. Andrea Dovizioso (Italy) Ducati

6. Maverick Vinales (Spain) Suzuki

7. Bradley Smith (Britain) Yamaha

8. Danilo Petrucci (Italy) Ducati

9. Aleix Espargaro (Spain) Suzuki

10. Michele Pirro (Italy) Ducati

11. Cal Crutchlow (Britain) Honda

12. Hector Barbera (Spain) Ducati

13. Eugene Laverty (Ireland) Ducati

14. Stefan Bradl (Germany) Aprilia

15. Pol Espargaro (Spain) Yamaha